.
Mengapa diberikan standar untuk pemroses informasi di dalam model sistem
umum perusahaan?
Jawab: diberikan standar untuk
pemroses informasi di dalam model sistem umum perusahaan karena sebagai
instrumen untuk membandingkan hasil pelaksanaan dan mengendalikan sistem fisik.
2. Apa
saja delapan unsur lingkungan itu?
Jawab:
delapan unsur lingkungan tersebut sebagai berikut.
1)
Masyarakat : Konsumen atau pemakai
2)
Pemasok : Penyedia material, mesin, jasa dan informasi
3)
Serikat kerja : Atau organisasi bagi tenaga kerja terampil
4)
Masyarakat keuangan : Terdiri dari lembaga-lembaga yang berpengaruh pada
pendanaan
5)
Pemegang saham atau pemilik : Pendanaan modal di perusahaan
6)
Pemegang saham atau pemilik : Cangkupan semua organisasi yang bergerak dalam
bidangnya
7)
Pemerintah : Pada tingkat pusat daerah atau lokal untuk peraturan undang-undang
8)
Masyarakat global : Atau wilayah geografis setempat
3.
Apa yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya?
Jawab: Yang menghubungkan
perusahaan dengan lingkungannya adalah Perusahaan dihubungkan dengan
elemen-elemen dalam lingkungannya melalui arus sumber daya fisik maupun
konseptual. Perusahaan berusaha memperoleh keunggulan kompetitif dengan
mengelola arus sumber daya, termasuk informasi. Penjelasan tentang strategi
keunggulan kompetitif yang paling lengkap berfokus pada arus masuk dari pemasok
dan arus keluar melalui saluran distribusi ke pelanggan.
4.
Apa yang dimaksud dengan margin? Bagaimana hubungannya dengan keunggulan
kompetitif ?
Jawab: Margin adalah nilai
produk dan jasa perusahaan, dikurangi biayanya. Perusahaan menciptakan nilai
dengan melakukan aktivitas, yang diliputi Porter dengan aktivas nilai (value
activities). Hubungannya dengan keunggulan kompetitif (competitive advantage)
dapat dicapai melalui banyak cara, seperti menyediakan barang dan jasa dengan
harga yang murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari pesaing, dan
memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.
5.
Apa saja aktivitas nilai utama dari Porter ? Apa saja aktivitas-aktivitas nilai
pendukungnya ?
Jawab:Aktivitas
nilai utama dari Porter adalah aktivitas yang berhubungan dengan produksi
dan penawaran nilai yang lebih besar kepada pelanggan daripada yang dilakukan
pesaing.
Aktivitas
nilai pendukung menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas
utama berlangsung. Departemen hubungan pemegang saham, kelompok riset
pemasaran, departemen akuntansi merupakan contoh unit organisasi yang melaksanakan
aktivitas pendukung.
6.
Apa yang dimaksud dengan rantai nilai itu?
Jawab: Aktivitas nilai utama dan
pendukung diintegrasikan oleh beberapa penghubung untuk membentuk rantai nilai
(value chain) rantai tersebut dibentuk menyerupai panah, dengan margin sebagai
ujungnya. Aktivitas-aktivitas utama tampak dilapisan bawah dan mencakup
logistik masuk (inbound logistics) yang memperoleh bahan baku dan pasokan dari
pemasok, operasi perusahaan itu yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi,
logistik keluar (outbond logistics) yang mengangkut barang ke pelanggan,
operasi pemasaran dan penjualan yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan
pendapatkan pesanan, serta kegiatan pelayanan yang memelihara hubungan baik
dengan pelanggan setelah penjualan.
7.
Apakah yang dimaksud dengan sistem nilai ?
Jawab: Sistem nilai adalah
perusahaan-perusahaan yang berpastisipasi bekerja sama sebagai suatu unit
tunggal yang terkoordinasi, menciptakan sinergi yang tidak dapat dicapai dengan
bekerja sendiri-sendiri. Porter memikirkan kaitan tersebut saat ia berfokus
pada penggunaan informasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif.
8.
Bagaimana sebuah perusahaan dapat mencapai keunggulan strategis dari suatu
sistem informasi yang mengolah pesanan penjualan pelanggan?
Jawab: Sebuah perusahaan dapat
mencapai keunggulan strategis dari suatu sistem informasi yang mengolah pesanan
penjualan pelanggan dengan pemasaran memerhatikan mengenai mengenali pelanggan
produk atau jasa perusahaan, menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan,
merencanakan dan mengembangkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, dan
mengiklankan serta mempromosikan produk atau jasa ini. Penjualan berkaitan
dengan menghubungi pelanggan, menjual produk dan jasa, mengambil pesanan, dan
melanjutkan penjualan. Aktifitas ini dapat dianggap sebagai proses bisnis.
Sistem informasi penjualan dan pemasaran (sales and marketing
informationsistem).
9.
Jelaskan bagaimana anda akan mendapat keunggulan taktis dengan mengaitkan suatu
sistem pesanan penjualan ke sistem layanan pelanggan?
Jawab:Spesialisasi informasi
(Information specialists) adalah suatu system
yang dibutuhkan oleh karyawan dengan cara ini system
produktivitas akan berkerja lebih
efisien.
10.
Bagaimana Anda akan merancang suatu sistem informasi untuk mengambil keuntungan
dari peluang-peluang operasional?
Jawab: merancang
suatu sistem informasi untuk mengambil keuntungan dari peluang-peluang
operasional sebagai berikut.
1)
Mendefinisikan suatu masalah atau peluang kedalam kontek sistem
2)
Mengumpulkan dan menjabarkan data yang diperoleh dari suatu permasalahan atau
peluang.
3)
Mengidentifikasi solusi alternatif
4)
Mengevaluasi setiap solusi alternatif
5)
Memilih solusi yang terbaik
6)
Mengimplementasikan solusi terpilih
7)
mengevaluasi hasil pengimplementasian solusi yang berhasil
11.
Apa saja fitur-fitur yang membedakan sebuah perusahaan multinasional(MNC)?
Jawab:Yang
membedakan suatu MNC adalah perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan
untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang dimiliki perusahaan.
Selain itu MNC merupakan perusahaan yang beroperasi lintas produk, pasar,
bangsa dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan sekelompok anak
peusahaan yang tersebar secara geografis dan masing – masing mempunyai tujuan,
kebiasaan dan prosedur tersendiri.
12.
Apa satu sumber ketidakpastian bagi sebuah MNC?
Jawab: Sumber ketidakpastian
bagi MNC adalah perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan untuk
melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang telah dimiliki oleh
organisasi.
13.
Bagaimanan para eksekutif dari sebuah MNC merespons ketidakpastian?
Jawab: Para eksekutif MNC
memberikan respon dengan menganalisa informasi yang menyebabkan ketidak
pastian, kemudian dengan pemahaman terhadap informasi tersebut para eksekutif
memproses dan melakukan pengayaan data dan informasi yang kemudian menghasilkan
sebuah keputusan untuk mengatasi ketidakpastian tersebut dalam kata lain
penggunaan secara baik tekhnologi informasi memacu pemberian respon terhadap
ketidakpastian.
14.
Satu kata apakah yang menjadi kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif bagi
sebuah MNC?
Jawab: Satu
kata yang menjadi kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif bagi sebuah MNC adalah koordinasi’
15.
Sebutkan tiga cara bagaimana rintangan budaya dan komunikasi dapat menjadi
tantangan dalam mengembangkan sistem informasi global?
Jawab: Tiga
cara bagaimana rintangan budaya dan komunikasi dapat menjadi tantangan dalam
mengembangkan sistem informasi global adalah kendala-kendala Politis, Rintangan
Budaya dan Komunikasi, Masalah-masalah Teknologi, dan Kurangnya Dukungan dari
Manajemen Anak Perusahaan
16.
Sebutkan tujuh jenis sumber daya informasi. Berikan tanda bintang disamping
jenis sumber daya yang selalu terdapat dalam layanan informasi?
Jawab: Tujuh
jenis sumber daya informasi sebagai berikut.
1)
Perangkat keras computer
2)
Perangkat lunak komputer
3)
Spesialis informasi
4)
Pemakai
5)
Fasilitas
6)
Database
7) Informasi
17.
Sebutkan empat dimensi informasi yang harus di pertimbangkan oleh seorang
manajer?
Jawab:
Empat dimensi
informasi yang harus di pertimbangkan oleh seorang manajer adalah sebagai
berikut :
1)
Relevansi.
2)
Akurasi.
3)
Ketepatan waktu.
4)
Kelengkapan.
18.
Apa yang dimaksud dengan manajemen pengetahuan itu?
Jawab:
Manajemen pengetahuan merupakan proses atau kegiatan merencanakan, mengumpulkan
dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan data dan informasi yang telah
digabung dengan berbagai bentuk pemikiran dan analisa dari macam-macam sumber
yang kompeten.
19.
Berikan komentar untuk pernyataan berikut ini:
a)
Informasi yang dihasilkan oleh pengolah informasi hendaknya bebas dari
kesalahan
b)
Suatu pengolah informasi hendaknya memberikan manajer dengan sebanyak mungkin
informasi.
Jawab:
a.
Ini
berarti informasi yang disampaikan harus akurat,tepat waktu dan relevan,agar
sumber informasi yang sampai kepada penerima informasi,tidak tejadi gangguan
atau merusak informasi tersebut.
b.
Supaya
informasi yang di peroleh dapat bermanfaat bagi penerimanya,dan menjadi
informasi relevan dan akurat.serta bagi perusahaan,untuk pengembangan dan
pengoperasian perusahaan.
20.
Mengapa suatu organisasi seharusnya mengumpulkan data dari sistem warisannya?
Jawab: Suatu organisasi
seharusnya mengumpulkan data dari sistem warisannya karena sekarang
pengumpulan, penyimpanan, dan penyebaran informasi lingkungan merupakan
aplikasi komputer yang penting dalam banyak perusahaan diseluruh dunia.
Aplikasi itu dikhususkan untuk mengumpulkan informasi tentang pesaing
perusahaan, sehingga tercipta istilah intelejen kompetitif dan bila
didefinisikan secara luas untuk mencakup informasi di semua elemen lingkungan,
istilah yang tepat adalah intelejen bisnis.
21.
Bagaimana peningkatan penggunaan situs Web oleh perusahaan akan meningkatkan
pentingnya manajer gambar?
Jawab: Peningkatan penggunaan
situs Web oleh perusahaan akan meningkatkan pentingnya manajer gambar dengan URL
dan nama yang digunakan untuk menjelaskan informasi yang disediakan oleh lokasi
tersebut untuk pemakai WEB adalah FTP.
22.
Dapatkah seorang manajer menjadi seorang CIO, walaupun ia tidak memiliki gelar
tersebut? Jelaskan.
Jawab: Chief
information officer (CIO), adalah manajer jasa informasi yang menyumbangkan
keahlian manajerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sumber daya informasi tetapi juga berbagi bidang lain dari operasi
perusahaan.
Seorang
manajer jasa informasi dapat berperan sebagai chief information officer dengan
mengikuti saran-saran berikut :
1)
Sediakan waktu untuk bisnis dan pelatihan bisnis. Pelajari bisnisnya, bukan
hanya teknologinya.
2)
Membangun kemitraan dengan unit-unit bisnis dan manajemen ini ; jangan menunggu
hingga diundang.
3)
Fokuskan pada perbaikan proses dasar bisnis
4)
Jelaskan biaya-biaya IS dalam istilah-istilah bisnis
5)
Bangun kepercayaan dengan memberikan jasa IS yang dapat diandalkan
6)
Jangan bersifat defensif
23.
Apakah gelar dalam bidang administrasi bisnis akan membantu seorang CIO?
Jelaskan.
Jawab: Iya gelar dalam bidang
administrasi bisnis akan membantu seorang CIO,. Karena melalui seorang CIO yang
memiliki gelar/kesarjanaan dalam administrasi bisnis maka setidak-tidaknya ia
telah memiliki ilmu/pengetahuan yang mendukung bisnisnya. Hal tersebut merupakan
sumber daya informasi yang dibutuhkan olehnya, dalam hal pertimbangan serta
pengambilan keputusan kerja CIO tersebut dengan pekerjaannya.
24. Apa
saja dua unsur dasar yang seharusnya dimasukkan ke dalam rencana strategis
sumber daya informasi ?
Jawab: dua unsur dasar
yang seharusnya dimasukkan ke dalam rencana strategis sumber daya informasi
yaitu Input dan Output
Tidak ada komentar:
Posting Komentar