UJI KOMPETENSI 12
1.Pilih salah satu jawaban yang
tepat !
1. Perbedaan
yang ditemukan antara sesama ayam dalam satu kandang disebut...
a. Evolusi
b. Adaptasi
c.
Variasi
d. Keaneragamanan
e.
Adaptasi dan variasi
2. Di
antara individu sejenis tidak pernah
ditemukan yang sama persis untuk semua sifat. Hal itu terjadi karena adanya
perbedaan...
a. Lingkungan
b. Induknya
c. Jenisnya
d.
Lingkungan dan gen
e. Gen
atau plasma nutfah
3. Keaneragaman
ekosistem ditunjukan oleh adanya perbedaan komponen berikut ini. kecuali ....
a. Sumber
neregi primer
b. Jenis
produsennya
c.
Produktivitas
d. Jenis
konsumen
e. Komponen
biotiknya
4. Dua
makhluk hidup menempati daerah yang sama dapat disebut spesies apabila...
a. Habitat
dan warnanya sama
b. Warna
dan bentuk rambutnya sama
c. Jenis
makan dan cara makannya sama
d.
Cara reproduksi dan anaknya
sama
e. Dalam
perkawninan menghasilkan turunan fertil
5. Cabang
biologi yang menakaji teori dan praktik pengelomokan makhluk hidup adalah...
a.
Klasifikasi
b. Teksonomie
c. Sistematika
d. Keaneragaman
e. Variasi
dan keaneragaman
6. Nama
ilmiah tanaman jagung adalah Zea mays.
Kata Zea dalam nama tersebut
menunjukan takson...
a. Marga
b.
Suku
c. Bangsa
d. Spesises
e. Kelas
7. Berdasarkan
sistem klasifikasi yang mengelompokan makhluk hidup menjadi 5 kingdom, bakteri
dan Ganggang biru termasuk ke dalam
dunia...
a. Animalia
b.
Plantae
c. Fungi
d. Protista
e. Monera
8. Seorang
siswa menemukan tumbuhan dengan ciri berikut. Batang berupa rhizoma, berakar
serabut, tidak mempunyai bunga, dan berkembang biak dengan spora. Tumbuhan tersebut kedalam divisi
...
a. Alaga
b. Bryophyta
c.
Pterodophyta
d. Gymnosprmae
e. Fungi
9. Tumbuuha
tebu di berni nama ilmiah Sachrum officinarum, sedangkan gelagah di beri nama slontaneunn. Ini berarti
bahwa tumbuhan tebu dan gelagah adalah...
a. Sepsienya
sama genus nya berbeda
b.
Genusnya sama, spesisesnya
berbeda
c. Genusnya
berbeda, sukunya sama
d. Spesiesnya
sama , sukunya berbeda
e. Sukunya
sama , bangsa nya berbeda
10. Tujuna
klasifikasi makhluk hidup adalah untuk...
a. Menyederhanakan
objek studi
b. Melestarikan
jenis makhluk hidup
c. Memberi
nama ilmiah untuk setiap makhluk hidup
d. Menentukan
ciri-ciri setiap makhluk hidup
e.
Menentukan persamaan sifat
antar makhluk hidup
11. Cabang
biologi yang menunjang , jika seorang ahli hendak mempelajari keaneragaman hayati adalah...
a. Morfologi,anatmi,
taksonami
b. Anatomi,
fisiologi, klasifikasi
c. Fisiologi,
morfologi, ekologi
d.
Ekologi, klasifikasi,
taksonomi
e. Taksonomi,
ekologi, morfologi
12. Keseluruhan
sistem kehidupan di bumi ini menunjukan adanya keaneragaman. Di bawah ini
bermacam-macam keaneragaman.
1. Gen
2. Jenis/spesies
3. Populasi
4. Komunitas
5. Ekosistem
Keanekaragaman hayati berkembang dari...
a. 1-2-3
b. 1-3-4
c. 3-4-5
d. 1-2-5
e.
1-2-4
13. Diantara
individu sejenis tidak pernah di temukan yang sama persis untuk semua sifat . Hal ini terjadi karena
adanya sifat...
a. Lungkungan
b. Induknya
c. Jenisnya
d.
Gen dan lingkungan
e. Gen
dan plasma nutfah
14. Manfaat
mempelajari keaneragam di bawah ini,
kecuali...
a. Mengetahui
manfaat masing-masing jenis bagi manusia
b.
Mengetahui adanya saling
ketergantungan diantara makhluk hidup
c. Mengetahui
ciri dan sifat masing masing jenis
d. Menegetahui
kekerabatan makhluk hidup
e. Mengetahui
cara pemasaran berbagai makhluk hidup
15. Adanya
ciri-ciri luar (fenotip) ada indinvidu yang memiliki susunan
perangkat dasar gen berbeda dapat di sebabkan oleh...
a. Adanya
persamaan tingkah laku berbagai individu
b. Terjadinya
perkawinan silang individu tak sejenis
c. Interaksi
faktor genetic dengan lingkunganya
d.
Pengeruh lingkungan terhadap individu sejenis
e. Pengaruh
perbedaan bahan makanan
16. Alasan
utama Indonesia memiliki fauna oriental dan australis adalah...
a.
Pernah terjadi migrasi fauna
Asia dan Australis ke Indonesia
b. Sebgai
kepulauan di indonesia pernah menjadi satu dengan Asia dan Australis
c. Indonesia
memiliki iklim yang bersamaan dengan iklim daratan asia dan australia
d. Terjadi
persebaran pasif fauna Asia
dan Australia ke Indonesia
e. Adanya
kesamaan habitat fauna orientas dan australis dengan habitat fauna di Indonesia
17. Berbagai fauna khas di indonesia , adalah:
1. Anoa
2. Badak
bercula satu
3. Babirusa
4. Burung
jalak putih
5. Burung
maleo
6. Komodo
Fauna yang berinteraksi
khas dengan habitat di daerah sulawesi
adalah...
a. 1,2,3
b.
1,3,5
c. 2,3,4
d. 3,4,5
e. 4,5,6
18. Hutan
di Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, diantara tumbuhan yang
khas di daerah Kalimantan adalah...
a. Keruing,
gaharu, mangga
b. Matoa,
kerabat beringin, keruing
c. Gaharu,
keruing, meranti
d. Beringin,
gaharu, matoa
e.
Durian, mangga, matoa
19. Apa
pengaruhnya bagi keadaan biodiversitas, bila dihutan dibuat jalan yang membuka
hutan ?
a. Meningkatnya
pengawasan terhadap hutan
b.
Menurunnya biodiversitas
karena habitat semakin terbatas
c. Hilangnya
biodiversitas sebab manusia akan menyerbu hutan
d. Biodiversitas
tetap terjaga sebab makin banyak masyarakat yang mengawasi
e. Biodiversitas
tidak berubah sebab penebangan hutan tetap terjaga
20. Daerah
konservasi memiliki kriteria:
·
Pengawasannya sangat ketat
·
Tujuan utamanya melestarikan makhluk
·
Hidup seperti keadaan aslinya tanpa
campur tangan manusia
Daerah konservasi
manakah yang sesuai dengan kriteria di atas?
a. Hutan
lindung
b.
Taman nasional
c. Kebun
raya
d. Cagar
alam
e. Hutan
wisata
21. Tujuan
klasifikasi makhluk hidup adalah
a. Menyederhanakan
objek studi
b. Melestarikan
jenis makhluk hidup
c.
Memberi nama ilmiah setiap
makhluk hidup
d. Menentukan
ciri setiap makhluk hidup
e. Menentukan
persamaan sifat makhluk hidup
22. Tingkatan
takson dalam Klasifikasi hewan urut dari
yang terendah adalah
a. Spesies
– familia-genus –ordo- kelas- filum
b. Spesies-
ordo – genus – familia – kelas- filum
c. Spesies-
kelas-ordo- familia- genus- filum
d.
Spesies – genus – familia –
ordo –kelas filum
e. Spesies-
familia- kelas- ordo- genus- filum
23. Tingakatan
takson terendah yang menempatkan kacang dan mangga dalam satu kedudukan
sistematik adalah
a. Divisio
b. Kelas
c. Ordo
d. Familia
e.
Genus
24. Berikut
ini nama ilmiah beberapa makhluk hidup yang terdapat disekitar kita :
1. Curcuma domestica
2. Musa textiles
3. Musa paradisiacal
4. Felix domestica
Berdasarkan nama
ilmiahnya, manakah yang kekerabatannya paling dekat ?
a. 1
dan 2
b. 1
dan 3
c.
2 dan 3
d. 2
dan 4
e. 3
dan 4
25. Seorang
siswa menemukan tumbuhan dengan ciri sebagai berikut :
·
Batangnya berupa rhizome
·
Berakar serabut
·
Tidak memilki bunga
Berkembang
biak dengan spora Tumbuhan tersebut termasuk devisi….
a. Algae
b. Bryophyte
c. Pteridophyta
d. Gymnospermae
e.
Angiospermae
26. mangga,
kedondong,rambutan, dan pisang dikelompokkan ke dalam buah-buahan. Sistem
klasifikasi yang digunakan adalah….
a. Filogenetik
b. Alamiah
c.
Buatan
d. Manfaat
e. Habitus
27. DR.
Akhiruzzman adalah seorang ahli palaeontologi. Baginya manfaat taksonomi adalah
membantu….
a. Memperkirakan
nenek moyang organism tertentu
b. Menocokkan
pasangan hybrid agar dapat disilangkan
c. Menemukan
senyawa antibody yang khas pada suatu organism
d.
Menemukan kembali species yang
sudah punah
e. Mempelajari
biodiversitas yang ada pada suatu daerah
28. Unit
dasar klasifikasi organism adalah species. Alas an yang sesuai dua
individuberbeda dikelompokkan ke dalam satu species yang sama adalah…
a.
Memiliki banyak persamaan
b. Memiliki
banyak perbedaan
c. jika
dikawinkan keturunannya fertile
d. jika
dikawinkanketurunannya streril
e. berasal
dari nenek moyang yang sama
29. Pada
klasifikasi 2 kingdom, Euglena digolongkan ke dalam Animalia karena
a. cara
makan heterotrof
b. cara
makan autotrof
c.
bersifat mobil atau bergerak
d. bersifat
statis atau tidak bergerak
e. hidup
membentuk koloni
30. Pasangan
yang hubungan kekerabatannya paling dekat adalah
a. serigala
dan beruang
b. rubah
dan anjing
c. rubah
dan berang-berang
d.
anjing dan serigala
e. serigala
dan rubah
B. Jodohkan pernyataan A dan pertanyaan B,
sehingga keduanya memiliki hubungan konsep yang tepat tentang keanekaragaman
hayati
Pertanyaan A
1.
Keanekaragaman hayati
2.
Flora malaysiana
3.
Sistem tata nama
4.
Protista
5.
Bryophyta
|
Pertanyaan B
a.
Oryza sativa
b.
Kindong plantae
c.
Durian rambutan
d.
Mangifera Indica
e.
Biodiversity
f.
Klasifikasi
g.
Sistem 5 kingdom
|
C.
Pilihan Benar atau Salah
Tulislah B jika pernyataan di bawah ini
Benar dan S jika salah dan berikan Alasannya!
1. Keseluruhan
penampakan yang didasari faktor genetik dan interaksi dengan lingkungannya akan
membentuk keanekaragaman hayati tingkat gen.
Jawab : S, karena keseluruhan penampakan yang disadari faktor genetik
dan interaksi dengan lingkungannya tidak akan membentuk keanekaragaman hayati
tingkat gen
2. Dua
individu yang satu species memiliki siffat-sifat genetis (genotip) dan
sifat-sifat luar (fenotip) yang satu sama persis.
Jawab : B, karena dua
individu tersebut berasal dari spesies yang sama jadi sifat-sifat genetis akan menampakkan
sifat-sifat luar yang sama persis asal
lingkungannya sama
3. Faktor
lingkungan tidak mempengaruhi keanekaragaman hayati tingkat jenis.
Jawab : S, karena faktor
luar mempengaruhi keanekaragaman hayati tingkat jenis .
4. Semua
anggota Kingdom Monera memiliki inti tidak bermembran (eukariotik).
Jawab : S, karena
mikroorganisme yang memiliki bahan inti tetapi tidak memiliki selubung inti.
Inti yang tidak bermembran disebut prokarion.
5. Kunci
dikotomi disusun menggunakan ciri-ciri taksonomi yang bersamaan.
Jawab : B, karena
sama-sama berkaitan
D.
Essay
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan
singkat dan jelas!
1. Mengapa
Bougenvile yang berbunga merah dan kuning dikatakan sejenis?
Jawab :
Sejenis, karena memiliki gen yang sama.
2. Mengapa
tanaman aren dan kelapa dikatakan berbeda jenis?
Jawab :
Karena aren dan kelapa sama jenis, tetapi berbeda gennya.
3. Mengapa
fauna oriental di Indonesia bagian barat tidak ditemukan di Indonesia bagian
timur?
Demikian
pula sebaliknya fauna Australian tidak ditemukan di barat?
Jawab :
karena faktor lingkungan di daerah oriental berbeda dengan yang ada
di daerah Australis.
4. Manakah
yang berkerabat lebih dekat di antara ketiga hewan : sapi, kambing, rusa?
Jelaskan alasannya!
Jawab :
Sapi dan kambing. Karena sapi dan kambing dapat diperah susunya
untuk dikonsumsi , sedangkan rusa tidak.
5. Apakah
manfaat dan tujuan penulisan nama ilmiah pada makhluk hidup?
Jawab
:
·
Membedakan antara satu
kelompok dengan kelompok yang lain.
·
Menyusun hubungan kekerabatan
antar kelompok
·
Memudahkan dalam mengenal
ciri-ciri kelompok
·
Menunjukkan tingkat takson
dalam taksonomi
E.
Pernyataan Sikap
Tuliskan sikapmu terhadap pernyataan di
bawah ini !
Tingkat
keanekaragaman hayati di Indonesia sangat tinggi dan bervariasi, oleh karenanya
harus dimanfaattkan semaksimal mungkin.
Jawab :
sikap kami adalah melindungi dan
melestarikan keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati memiliki panorama
yang bagus dan indah yang sepantasnya kita jaga agar berbagai jenis tumbuhan
dan hewan tidak mengalami kepunahan sehingga kita dapat memetik hasilnya di
masa sekarang dan masa yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar