1.
Dilihat
dari dampak nilai uang,manakah yang lebih penting,ecommerce B2B atau
B2C?seberapa besar perbedaannya?
Jawab :di lihat dari dampak
nilai uang , nilai uang e-commerce B2B terlihat begituh kecil. Hanya sekitar 6
% dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2B. Jadi, memahami strategi bisnis
untuk e-commerce B2B menjadi begituh penting alasanya semakin banyaknya jumlah
produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya
pelanggan yang mampu mengatasi ketidakmauan mereka untuk melakukan pembelian
menggunakan Web.
2.
Apakah
sebaiknya rancangan dari suatu situs B2B dilihat dari sudut pandang konsumen
atau dari sudut pandang perusahaan? Jelaskan
Jawab : Desain B2B harus dari
sudut pandang perusahaankarena transaksi B2B melibatkan sangat
sedikit orang, umumnya mereka yang berada di kelompok sistem informasi
perusahaan yang terkena dampak langsung. Orang-orang yang terlibat dalam
transaksi B2B biasanya sangat terlatih atau sudah biasa dalam penggunaan sistem
informasi dan akrab dengan proses bisnis dipengaruhi oleh transaksi. Ini adalah
pertukaran produk, jasa, atau informasi terhadap bisnis daripada antara bisnis
dan konsumen
3.
Apakah
sebaiknya rancangan dari suatu situs B2C dilihat dari sudut pandang
konsumen atau dari sudut pandang perusahaan? Jelaskan
Jawab : Dalam situs B2C desain
harus dari sudut pandang konsumen, karena pelanggan terlibat langsung dan
intensif dalam situs ini. Transaksi membutuhkan perbedaan desain yang mendasar.
Pelanggan mungkin tidak memiliki keahlian dengan teknologi informasi, sehingga
website harus menawarkan petunjuk dan membantu. Singkatnya itu adalah
pertukaran jasa, informasi dan / atau produk dari bisnis ke konsumen. Jadi
harus memudahkan konsumen dalam mengunjungi maupun menggunakan websit
4.
Sebutkan
3 keuntungan yang diharapkan dari e-commerce
Jawab :
·
Perbaikan
layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan
·
Perbaikan
hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
·
Peningkatan
imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik
5.
Sebutkan
3 alasan mengapa perusahaan pada awalnya enggan untuk menerapkan e-commerce,
Jawab : Biaya yang
tinggi,kekhawatiran masalah keamanan, dan peranti lunak yang belum mapan atau
tersedia.
6.
Berapakah
nilai dolar E-commerce di Amerika serikat pada tahun 2003 ? jika tren –tren
lampau terus berlangsung ,berapakah proyeksi anda untuk tahun 2010?
Jawab : e-commerce di AS tahun
2003 adalah $12,2 miliar,dan proyeksi tahun 2010 $0,25 triliun
7.
Mengapa
sebuah perusahaan akan menggunakan basis data eksternal daripada mengumpulkan
kecerdasan bisnis sendiri?
Jawab : sebuah perusahaan akan
menggunakan basis data eksternal daripada mengumpulkan kecerdasan bisnis
sendiri karena basis data lebih cepat dan lebih murah,lebih efektif dan lebih
efesien.
8.
Basis
data eksternal manakah yang memberikan informasi mengenai perusahaan
–perusahaan manufactur AS dan Kanada?
Jawab : Basis data eksternal
yang memberikan informasi mengenai perusahaan –perusahaan manufactur AS dan
Kanada yaitu Thomas net
(WWW.THOMASNET.COM)
9.
Sebutkan
2 keuntungan dasar dari sistem interorganisasional .
Jawab
·
Efesiensi
komparatif
Para sekutu dagang dapat
memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efesiensi lebih tinggi,dan
memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada pelanggannya.
·
Efesiensi
penawaran
Dengan menawarkan produk
unik,dengan mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian ,serta
dengan meningkatkan biaya perpindahan,sehingga perusahaan dapat menyelesaikan
perselisihan dengan pemasok.
10. Apa yang dimaksud dengan
penambahan persediaan oleh vendor (vendor stck replenishment)?
Jawab : penambahan persediaan
oleh vendor (vendor stck replenishment) yaitu suatu jenis IOS khusus
dimana pelanggan memberikan cukup kepercayaan bagi pemasok untuk
mengijinkannya menggakses sistem persediaan berbasis komputer yang dimilikinya.
11. Jelaskan apa yang dimaksud
pertukaran data elektronik.
Jawab : pertukaran data
elektronik yaitu salah satu cara untuk mendapatkan suatu sistem
interorganisasional.
12. Berikan 3 contoh produk
digital
Jawab : 3 contoh produk
digital yaitu software,komputern,musik.
13. Biaya apakah yang akan
dikeluarkan oleh pembeli produk digital dalam transaksi mereka?
Jawab: di lihat dari segi
biaya komputer, yaitu biaya koneksi online,media penyimpanan .
14. Mengapa sebuah perusahaan akan
menjual produk-produknya dari tempat berjualan fisik maupun situs web?
Jawab : sebuah perusahaan akan
menjual produk-produknya dari tempat berjualan fisik maupun situs web ini
terjadi ketika perusahaan mempunyai tempat berjualan secara fisik,dan situs
web dimana pelanggan dapat memberi produk,kedua strategi ini harus di
informasikan biaya dan fitur produknya kepada pelanggan,mengatur pembayaran dan
pengiriman produk pelanggan.
15. Apa yang dimaksud dengan
perdagangan bergerak (mobile commerce)?
Jawab : perdagangan bergerak (mobile
commerce) yaitu penggunaan telepon seluler dan asisten digital
pribadi(PDA) untuk melakukan e-commerce nirkabel.
16. Bagaimana jepang memperluas aplikasi
bisnisnya bagi para pelanggan yang memiliki telepon seluler 3G?
Jawab : jepang memperluas aplikasi
bisnisnya bagi para pelanggan yang memiliki telepon seluler 3G yaitu
memungkinkan komputasi berkelas bisnis dilaksanakan dimanapun, dapat melakukan
pembelian dengan menggunakan telepn mereka sebagai kartu debit atau kartu
kredit.
17. Apakah perbedaan antara
internet dan Word Wide Web?
Jawab :internet adalah
jaringan komunikasi global yang menghubungkan jutaan komputer,dan internet
hanya memberikan arsitektur jaringan,sementara word wide web adalah kumpulan
komputer yang bertindak sebagai server isi atau kandungan dokumen –dokumen yang
diformat ,untuk memungkinkan dilihatnya teks,grafik dan audio sekaligus
memungkinkan dibuatnya link dengan dokomen-dokumen lain di dalam web.
18. Bagaimana rumah sakit dapat
mempergunakan e-commerce untuk manajemen rantai pasokan?
Jawab : berhubungan dengan
perbaikan kesehatan akhir pasien dan melayani kebutuhan pasien,yaitu memesan
persedian medis untuk kebutuan para pasien,dengan melakukan pembelian secara
online.
19. Apa yang dimaksud dengan mal
maya (virtual mall)?
Jawab : mal maya (virtual
mall) yaitu penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang
tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik.
20. Mengapa perusahaan sebaiknya
membatasi jumlah gambar di situs web B2c-nya ?
Jawab: perusahaan sebaiknya
membatasi jumlah gambar di situs web B2c-nya supaya tidak banyak kendala yang
di hadapi para pelanggan serta tidak merugikan perusahaan.
21. Dimanakah anda dapat
mengunjungi web untuk memperoleh nama domain untuk ssuatu situs web?
Jawab : dapat mengunjungi web
untuk memperoleh nama domain untuk ssuatu situs web melalui internet atau word
wide web.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar